Journal History

4 Juni 2018: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Unri) menginisiasi media publikasi untuk hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul jurnal Riau Journal of Empowerment (RAJE)

 

4 Juni 2018: Pengangkatan Dewan Editor RAJE oleh Ketua LPPM Unri dengan SK No.1385/UN.19.1.5.3/TU/2018 dimana Prof. Dr. Ir. Hapsoh, M.S sebagai Editor in Chief.

 

5 Juni - 2 Agustus 2018: RAJE menggunakan sistem pengelolaan jurnal elektronik dengan platform Open Journal System (OJS) 2.8. Sistem ini merupakan sistem multiple journal dibawah Perpustakaan Universitas Riau. Website dan platform ini hosting di server Perpustakaan Universitas Riau dengan domain https://ejournal.unri.ac.id/index.php/raje

 

3 Agustus 2018: Website dan sistem pengelolaan daring RAJE pindah hosting ke server UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Riau (TIK Unri). Hal ini dikarenakan performa server sebelumnya sering mengalami gangguan dan menghambat aktifitas pengelolaan jurnal elektronik. Pada server UPT TIK Unri pengelola menggunakan platform OJS 3 dengan domain http://raje.unri.ac.id. Perpindahan hosting dan upgrade platform OJS menyebabkan hilangnya rekam digital proses publikasi pada periode Juni-Juli 2018. Rekam pada periode ini merupakan proses submission, peer-review, copy editing, dan production artikel jurnal Volume 1 Nomor 1 dan 2 Tahun 2018.

 

28 Agustus 2018: RAJE mempublikasikan issue perdana, yaitu Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018.

 

31 Agustus 2018: ISSN media online Riau Journal of Empowerment diterbitkan dengan nomor 2623-1549. Keberkalaan terdaftar dengan frekuensi terbit sebanyak 2 kali dalam setahun pada periode Januari-Juli dan Agustus-Desember.

 

20 September 2018: ISSN media cetak Riau Journal of Empowerment diterbitkan dengan nomor 2654-4520. Keberkalaan terdaftar dengan frekuensi terbit mengikuti media online-nya.

 

November 2018: RAJE mengganti struktur penulisan naskah dari yang sebelumnya mengadopsi artikel penelitian yaitu (1) Pendahuluan, (2) Permasalahan, (3) Metode, (4) Pembahasan, dan (5) Kesimpulan; menjadi struktur penulisan naskah pengabdian kepada masyarakat, yaitu (1) Pendahuluan, (2) Metode, (3) Hasil dan Ketercapaian Sasaran, dan (4) Kesimpulan.

 

28 Desember 2018: Riau Journal of Empowerment menerbitkan Volume 1 Nomor 2.

 

 

29 Desember 2018: Redaksi Riau Journal of Empowerment menginisiasi pindah hosting menyewa server dan hosting pada pihak ketiga, dikarenakan kerap terjadi kendala teknis pada server UPT TIK Unri. Kendala teknis yang dialami UPT TIK Unri menyebabkan downgrade PHP server, dan tidak dapat menjalankan OJS 3 pada server.

 

5 Januari 2019: Riau Journal of Empowerment pindah hosting ke pihak ketiga dengan sistem pengelolaan OJS versi 3.1.1.4 dan domain jurnal tetap di http://raje.unri.ac.id. Riau Journal of Empowerment juga menerbitkan kembali issue sebelumnya, yaitu Volume 1 Nomor 1 dan 2 Tahun 2018. Perpindahan ini menyebabkan redaksi reinstall sistem dan menyebabkan rekam pengelolaan (submission, review, copy editing dan production) hilang. Hal ini juga berdampak pada proses penerbitan artikel-artikel Volume 2 Nomor 1 dan sebagian artikel pada Volume 2 nomor 2 yang sedang dalam proses publikasi menggunakan sistem online.

Di lain hal, perpindahan hosting berdampak pada meningkatnya kualitas pengelolaan jurnal yang tampak dari performa website dan sistem pengelolaan artikel secara online.

 

1 Oktober 2019: Pada penerbitan di tahun 2020 dan selanjutnya Riau Journal of Empowerment menggunakan sistem pengutipan dan penulisan daftar pustaka American Psychological Association (APA), sebelumnya menggunakan Harvard Anglia Ruskin edisi 2008. Hal ini telah ditambahkan pada panduan penulisan naskah.