PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TAHSIN WA TAHFIDZ AL-QUR’AN BERBASIS CYBER MEDIA PADA SEKOLAH-MADRASAH DI KAPANEWON NGAMPILAN YOGYAKARTA
Abstract
Meningkatnya virus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah pusat maupun daerah mengeluarkan berbagai himbauan, peraturan, dan kebijakan yang diberikan kepada masyarakat seluruh Indonesia termasuk juga di Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta. Sangat disesali jika himbauan tersebut masih diabaikan oleh sejumlah orang dengan berbagai alasan. Problem yang terjadi dalam hal ini setelah adanya pandemi Covid-19 banyak sekolah-sekolah yang mengikuti perintah dari Kementerian Pendidikan di Indonesia yaitu dengan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan Media dalam jaringan (Daring). Namun kenyataannya sekolah-sekolah yang ada tidak semuanya siap dengan pembelajaran model seperti itu, pun tidak semua mata pelajaran bisa dengan mudah dilakukan pembelajaran daring, khususnya pembelajaran tahsin wa tahfidz al-Qur’an. Dengan menganalisis permasalahan yang ada maka kami melakukan program Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Tahsin wa Tahfidz Al-Qur’a Berbasis Cyber Media Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Program pendampingan ini sangat penting dalam hal kegiatan belajar mengajar di karenakan sebagai bentuk upaya solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana juga diharapkan mampu mencegah penularan covid -19. Program Pendampingan ini mengajak siswa maupun guru dapat menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online. Dengan adanya kebijakan Work From Home (WFH), maka dengan mempercepat mereka dalam menguasai teknologi pembelajaran secara digital adalah suatu kebutuhan bagi mereka.
Downloads
References
Arqam, Mhd Lailan,. Somae, Erik Tauvani,. Atmojo,. Ahmad Muslih , Akbar, . Tian Khusni . 2021. “Peningkatan Kapasitas Inovasi Pembelajaran Ismuba Masa Pandemi Covid-19 Melalui Aplikasi Nearpod Di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 2964:1595–1600.
Greenhow, Christine, and Amy Chapman. 2020. “Social Distancing Meet Social Media: Digital Tools for Connecting Students, Teachers, and Citizens in an Emergency.” Information and Learning Science 121(5–6):331–42. doi: 10.1108/ILS-04-2020-0134.
Hyo, Yukiyoshi, Shigeharu Fujieda, Atsushi Matsubara, Kazuhiko Takeuchi, Motofumi Ohki, Takeshi Shimizu, and Yuichi Kurono. 2021. “Survey of Nebulizer Therapy for Nasal Inflammatory Diseases in Japan before and during the COVID-19 Pandemic.” Auris Nasus Larynx 8(xxxx):1–10. doi: 10.1016/j.anl.2021.11.007.
Jailani, Mohammad, Hendro Widodo, Suyadi, and Betty Mauli Rosa Bustam. 2021. ““ THE IMPACT AND RECOVERY PROCESS OF BUSINESS AND.” Pp. 1–50 in Pemanfaatan Neurosains dalam Desains Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Renov, Veronica, Lauren Risser, Rachel Berger, Tammy Hurley, Andrés Villaveces, Sarah DeGue, Abbey Katz, Cynterria Henderson, Kelly Premeo, Janine Talis, Judy C. Chang, and Maya Ragavan. 2021. “The Impact of the COVID-19 Pandemic on Child Protective Services Caseworkers and Administrators.” Child Abuse & Neglect 3(August):105431. doi: 10.1016/j.chiabu.2021.105431.
Rose, Chloë Brushwood, and Morgan Bimm. 2021. “Children , Schooling , and COVID-19 : What Education Can Learn From Existing Research.” Journal of Teacing and Learning 15(2):3–20.
Syah, Deby Zulkarnain Rahadian, Dewi Utari, and Tetra Saktika Adinugraha. 2020. “Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’Minin Gamping.” Jurnal Pengabdian 2(2):28–33.
Tarbiyatuna, Jurnal. 2022. “Islamic Religious Education Teachers During the COVID-19 Pandemic.” 13(1):1–18.
Wesley J. Wildman, et al. 2020. “Religion and the COVID-19 Pandemic, Religion, Brain & Behavior.” 115–17. Retrieved (https://doi.org/10.1080/%0A2153599X.2020.1749339. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/21%0A53599X.2020.1749339.).
Copyright (c) 2024 Mohammad Jailani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) retain the copyright of articles published in this journal, with first publication rights granted to Riau Journal of Empowerment. All journal content is licenced under Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.